Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Pernah nggak, sih? Ketika kamu membeli paket kuota lokal Indosat tapi pas mau dipakai internetan ternyata tidak bisa digunakan? Kondisi seperti ini memang sering terjadi, apalagi buat kamu yang tinggal di daerah-daerah pelosok.

Kuota lokal Indosat sendiri merupakan salah satu paket internet dari IM3 yang bisa digunakan selama full 24 jam tanpa ada pembagian waktu. Biasanya, paket ini juga menawarkan bonus tambahan berupa akses unlimited Youtube, Facebook dan WhatsApp.

Masalahnya, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan kalau paket kuota lokal yang mereka miliki tidak bisa digunakan untuk internetan. Dan hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah lokasi yang belum tercover jaringan Indosat.

Penyebab Kuota Internet Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Penyebab dan Kenapa Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan untuk Internetan

Sebenarnya, ada banyak penyebab kenapa kuota lokal IM3 tidak bisa digunakan atau koneksi menjadi lemot. Namun, salah satu yang paling berpengaruh adalah dari tempat lokasi pengguna berada.

Dikarenakan jika kamu berada di lokasi terpencil, maka kekuatan sinyal Indosat IM3 yang akan didapat juga sangat kecil. Jadi sebaiknya kamu cek terlebih dahulu berapa baris sinyal Indosat yang kamu dapatkan.

Tapi jika kamu sudah berada di lokasi yang tercover jaringan Indosat, namun kuota lokal yang kamu miliki belum bisa digunakan. Kamu perlu curiga dan harus segera melakukan cek satu-persatu penyebab dibawah ini.

1. Pengaturan APN Salah

Penyebab utama kenapa kuota lokal Indosat masih belum bisa digunakan untuk internetan bisa jadi dikarenakan salah saat melakukan settingan APN. Karena setiap layanan kartu operator pasti memiliki settingan APN masing-masing, jadi kamu tidak bisa menggunakan APN Smartfren untuk kartu Indosat.

2. Kartu dalam Masa Tenggang

Kemudian yang tak kalah penting lagi adalah masa tenggang dari kartu yang sedang digunakan. Seperti yang kita tahu, jika kartu sudah berada dalam masa tenggang, semua akses dari layanan kartu tidak akan bisa digunakan, terutama untuk mengakses internet.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi Kuota Lokal Kartu Indosat IM3 Tidak Bisa Digunakan

Apabila sudah tidak ada masalah lagi pada kartu Indosat yang kamu gunakan, tapi kamu masih belum bisa menggunakan kartu tersebut untuk internetan. Maka tak perlu khawatir karena saya akan menjelaskan tips mengatasi kuota lokal Indosat agar bisa digunakan kembali dengan lancar.

Nah berikut cara-cara yang bisa kamu coba:

1. Ganti Settingan APN

Perlu diketahui, setiap APN layanan kartu provider akan berbeda-beda. Jadi APN Indosat sudah pasti tidak sama dengan APN Smartfren, sehingga kamu perlu menyesuaikan settingan APN Indosat secara manual agar mendapatkan koneksi internet yang lancar.

Meskipun Indosat akan memberikan APN default secara otomatis, tapi terkadang APN ini tidak bisa digunakan untuk akses internet pada jaringan 3G dan 4G. Untuk itu, silahkan kamu settinga APN Indosat secara manual dengan APN terbaru 2020.

2. Restart Android

Biasanya, setelah penggantian settingan APN, kamu perlu melakukan restart andorid agar bisa memberikan efek. Jadi setelah kamu berhasil melakukan cara sebelumnya, silahkan langsung restart hp android yang digunakan.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah mode yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kuota lokal Indosat yang tidak bisa dipakai. Karena hanya dengan mengaktifkan mode pesawat, semua jaringan Indosat akan secara otomatis diperbaharui setelah mode ini dimatikan.

4. Hubungi CS Indosat

Nah, jika kamu yakin masih belum bisa menggunakan kuota lokal Indosat padahal sudah berada di lokasi yang tercover. Jadi buat kamu yang bertanya kenapa paket lokal Indosat yang ada tidak bisa digunakan, silahkan kirimkan keluhan ini kepada layanan Customer Service Indosat Ooredoo.

Apabila semua cara diatas sudah dicoba, tapi koneksi internet masih terasa lambat, kamu bisa mencoba membaca artikel cara mengatasi jaringan indosat lemot agar koneksi bisa lebih stabil dan lancar.

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi kuota lokal Indosat yang bermasalah dan tidak bisa digunakan untuk internetan. Jangan lupa tinggalkan komentar jika masih ada langkah-langkah yang belum jelas, terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar