Cara Menghapus Akun Prakerja

Dikarenakan terlalu banyak orang yang ikut dalam program kartu prakerja, hal ini tentu saja membuat pengajuan akun akan lebih sulit. Bahkan banyak yang tidak lolos pada tahap seleksi gelombang 5-10, sehingga mereka lebih memilih untuk mencari cara bagaimana menghapus semua data pribadi yang sebelumnya sudah terdaftar di akun prakerja.

Kartu prakerja sendiri merupakan salah satu program dari pemerintah Indonesia yang ditujukan bagi masyarakat agar mereka bisa mendapatkan pengetahuan pada bidang pekerjaan yang disukai. Jadi program ini akan lebih bermanfaat bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan.

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh setelah berhasil mengikuti program kartu prakerja adalah mendapat bantuan uang insentif sebesar Rp 2.400.000 atau Rp 600.000 setiap bulan dalam jangka waktu selama 4 bulan. Uang tersebut juga dapat Anda gunakan secara bebas untuk kebutuhan ekonomi.

Meski begitu, untuk mendapatkan bantuan uang insentif, Anda perlu menyelesaikan semua persyaratan yang dibutuhkan. Mulai dari membuat akun kartu prakerja, ikut pelatihan, webinar, membuat E-Wallet sampai Anda berhasil mendapatkan sertifikat dari salah satu program pelatihan yang di ikuti.

Syarat-syarat tersebut memang terbilang cukup sulit, apalagi saat tulisan ini dibuat, program kartu prakerja sudah masuk pada gelombang ke-10. Artinya pada gelombang ini Anda akan lebih sulit untuk bisa lolos pada tahap seleksi pelatihan. Jika lolos, berarti Anda adalah salah satu orang yang beruntung dari sekian banyaknya peserta yang mengikuti program kartu prakerja.

Untuk itu, bagi Anda yang sudah mendaftar program kartu prakerja tapi gagal pada tahap seleksi. Maka tidak ada lagi harapan untuk bisa mengikutinya kembali, sehingga yang perlu Anda lakukan hanyalah menonaktifkan (hapus) semua data-data pribadi yang sebelumnya digunakan pada akun prakerja.

Cara Menghapus Akun Prakerja Yang Sudah Terdaftar / Tidak Lolos

Cara Hapus Akun dan Data Kartu Prakerja Yang SUdah Terdaftar

Langkah-langkah dibawah ini bisa Anda gunakan untuk menghapus semua data pribadi yang terkait di akun prakerja. Baik itu data NIK, KK, Email, Alamat dan nomor HP. berlaku juga untuk semua akun prakerja yang terdaftar pada gelombang 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 10.

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu situs www.prakerja.go.id.
  2. Kemudian geser kebawah lalu klik gambar Email yang berada di bagian footer.Hapus Akun Prakerja Semua Gelombang Via Email
  3. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman Gmail untuk mulai melakukan pengajuan penghapusan akun kartu prakerja.Mengisi Subjek dan Alasan Penghapusan Akun
  4. Silahkan isi semua kolom yang dibutuhkan dengan detail dari akun prakerja milik Anda. Mulai dari Nama Lengkap, NIK, KK, Email, Gelombang Pendaftaran dan Alamat Rumah.
  5. Jika semuanya sudah terisi dengan benar, langsung saja Anda klik tombol Send / Kirim.Mengirim Permohonan Untuk Menonaktifkan Data dari Akun Prakerja
  6. Setelah email permohonan penonaktifan akun prakerja berhasil dikirim, maka contohnya akan seperti gambar dibawah ini.Mengirimkan Data Akun Yang Sebelumnya Sudah Terdaftar
  7. Terakhir tinggal menunggu balasan dari pihak program karti prakerja, biasanya prosesnya bisa memakan waktu 7×24 Jam.
  8. Selesai.

Jika dalam jangka waktu 7×24 Jam (1 minggu) Anda masih belum mendapat balasan email, silahkan untuk menghubungi pihak Customer Service dibawah ini.

Call Center021-25541246
Instagram@prakerja.go.id
Emailinfo@prakerja.go.id
Jam KerjaSenin – Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB

Kenapa Akun Prakerja Ingin Dihapus?

Alasan Orang Ingin Menutup Akun Kartu Prakerja

Banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang ingin menutup akun prakerja miliknya, salah satunya ingin merubah data dengan yang baru, ingin mendaftar ulang di gelombang berikutnya dan lain sebagainya. Nah berikut ini alasan-alasan kenapa data di akun kartu prakerja ingin dihapus.

Proses Pelatihan Sangat Lama

Salah satu alasan seseorang ingin mengetahui bagaimana cara hapus akun prakerja yang sudah terdaftar yaitu karena proses pelatihan yang sangat lama, bahkan proses ini bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga 1 bulan. Maka dari itu, banyak orang tidak sabar dan malas untuk menyelesaikanya.

Sertifikat Tidak Muncul

Setelah berhasil mengikuti pelatihan, bukan berarti perjuangan Anda sampai disini dan bisa langsung mendapatkan dana insentif. Karena menurut informasi yang beredar, banyak orang telah selesai mengikuti pelatihan tapi sertifikat yang mereka dapat belum muncul di dashboard akun prakerja.

Tidak memiliki Akun E-Wallet

Kemudian ada yang lebih unik, gara-gara tidak memiliki akun E-Wallet seperti OVO, GOPAY dan LinkAja. Salah satu teman saya lebih memilih membatalkan niatnnya untuk bergabung mengikuti program kartu prakerja. Ini sangat lucu dan banyak ditemukan pada orang-orang gaptek soal dunia teknologi.

Cara Melihat Gelombang Akun Prakerja

Sedikit bonus dari saya bagi Anda yang masih binggung bagaimana cara melihat gelombang akun prakerja yang sudah didaftarkan. Nah dibawah ini adalah tabel yang bisa Anda gunakan untuk mengecek gelombang 1 hingga gelombang 10.

Urutan GelombangTanggal/Waktu Pendaftaran
Gelombang 1April 2020
Gelombang 2April 2020
Gelombang 3Mei 2020
Gelombang 4Juni & Juli 2020
Gelombang 5Agustus 2020
Gelombang 6Agustus & September 2020
Gelombang 7September 2020
Gelombang 8September 2020
Gelombang 9September 2020
Gelombang 10Oktober 2020

FAQ

Apa itu program kartu prakerja?

Kartu prakerja merupakan salah satu program pemerintah Indonesia yang dikhususkan bagi orang-orang pengangguran. Tujuan utama program ini adalah sebagai sarana edukasi bagi mereka agar lebih bisa memaksimalkan diri dalam dunia pekerjaan.

Kenapa saya tidak lolos tahap seleksi?

Salah satu faktor yang menyebabkan gagal seleksi adalah banyaknya orang yang ikut dalam program kartu prakerja. Memang pada gelombang 5, gelombang 6 hingga gelombang 9 pendaftaran akun semakin meningkat.

Apakah saya bisa hapus data dari akun prakerja yang sudah terdaftar?

Bisa sekali, setiap orang yang terdaftar di akun prakerja bisa mengajukan untuk menonaktifkan akun secara permanen melalui alamat email bantuan pihak prakerja.

Nah itulah artikel mengenai cara menghapus akun prakerja yang sebelumnya sudah terdaftar dan tidak lolos pada tahap seleksi. Jangan lupa berikan komentar jika masih ada pertanyaan yang belum Anda ketahui, terimakasih dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar