Cara Menghapus Akun Tokopedia

Memang ada banyak alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Tokopedia. Mungkin salah satunya karena kamu ingin membuat toko baru atau ingin berpindah ke layanan marketplace lain seperti Shopee ataupun Bli-Bli. Jadi agar lebih aman, alangkah baiknya kamu hapus saja akunya secara permanen.

Tokopedia sendiri merupakan salah satu layanan marketplace terbesar yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli barang secara online. Sejak berdiri 11 tahun yang lalu, Tokopedia mulai berkembang pesat hingga kini bisa bersaing dengan raksasa-raksasa Online Shop seperti Shopee, JD.ID hingga Amazon.

Dengan menggunakan layanan Tokopedia, kamu bisa dengan mudah membeli semua kebutuhan harian secara online, mulai dari baju, kuota internet, pulsa hingga perabotan elektronik. Kemudian jika kamu adalah seorang pedagang, maka kamu bisa menjualnya melalui toko yang dibuat di akun Tokopedia.

Sayangnya proses pembuatan akun toko di Tokopedia juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya jika kamu salah memasukan nama toko, maka nama toko tersebut nantinya tidak bisa dirubah secara bebas. Sehingga kamu perlu menghubungi layanan customer service untuk melakukan pengantian nama toko.

Hal tersebut tentu saja akan sangat merepotkan, terlebih bagi kamu yang malas untuk mengurusnya. Untuk itu, solusi terbaik adalah dengan membuat akun baru sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Sebelum membuat akun baru di Tokopedia, baik itu sebagai akun pembeli ataupun penjual. Pastikan semua data akun lama kamu telah di hapus terlebih dahulu. Jika tidak, akun baru kamu akan terduplikat dan proses verifikasinya akan lebih sulit.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel mengenai cara menghapus akun tokopedia secara permanen. Cara ini juga berlaku untuk hapus semua data akun tokopedia pembeli, penjual hingga profil toko yang sudah dibuat sebelumnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Cara Hapus Akun Tokopedia Secara Permanen

Menghapus Akun Tokopedia Secara Permanen

Proses penghapusan akun Tokopedia sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kamu dapat mencoba cara ini untuk menghapus akun pembeli dan penjual.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Tokopedia yang sudah terinstall di HP android atau iOS.
  2. Kemudian masuk ke halaman Pengaturan lalu scroll kebawah dan pilih opsi Keluar.
  3. Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan yang berada di pojok kanan atas.
  4. Setelah itu scroll kebawah dan cari opsi Aplikasi Yang Terinstall.
  5. Lalu cari aplikasi Tokopedia dan pilih Hapus / Uninstall.
  6. Langkah berikutnya buka aplikasi Gmail dan login akun menggunakan alamat email yang terdaftar di layanan Tokopedia.
  7. Terakhir silahkan masuk ke opsi Akses & Perizinan lalu hapus akses akun Tokopedia.
  8. Selesai.

Cara Menghapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli

Tutorial Hapus Akun Pembeli di Tokopedia

Kemudian jika kamu hanya ingin hapus akun pembeli (buyer). Maka kamu juga dapat melakukanya dengan mudah tanpa menghapus semua data-data penjual dan toko secara permanen.

  1. Untuk langkah pertama pastikan kamu sudah menjadi member aktif di layanan Tokopedia.
  2. Kemudian masuk ke Pengaturan HP dan scoll kebawah lalu pilih opsi Management Aplikasi.
  3. Selanjutnya cari aplikasi Tokopedia dan klik aplikasi tersebut.
  4. jika sudah klik saja tombol Hapus Aplikasi lalu klik YA.
  5. Setelah proses penghapusan selesai, silahkan kamu download aplikasi marketplace lain seperti Lazada, Bukalapak ataupun Blibli.
  6. Selesai.

Cara Menghapus Toko di Akun Tokopedia

Cara Hapus Akun Toko di Tokopedia

Terakhir ada cara hapus akun toko yang sudah dibuat di akun Tokopedia. Cara ini biasa dilakukan oleh para penjual karena mereka memiliki banyak toko yang memiliki nama sama, ataupun toko tersebut sudah tidak terpakai.

  1. Download dan install aplikasi Tokopedia terlebih dahulu.
  2. Setelah itu login menggunakan alamat Email yang terdaftar di Tokopedia.
  3. Jika sudah, masuk ke opsi Toko dan klik Atur Toko pada nama toko yang ingin kamu tutup / hapus.
  4. Setelah itu klik Informasi yang ada pada pengaturan toko.
  5. Selanjutnya masuk ke menu pengaturan yang berada di bagian paling bawah, lalu masuk ke bagian Status Toko dan ceklis tombol Tutup Sekarang.
  6. Terakhir tinggal klik Simpan dan secara otomatis toko tersebut akan ditutup / dihapus untuk sementara ataupun permanen.
  7. Selesai.

Alasan Ingin Hapus Akun dan Toko di Tokopedia

Sebagian orang ingin menghapus akun Tokopedia juga bukan tanpa alasan, bahkan banyak dari mereka yang jujur ingin pindah menggunakan layanan marketplace lain seperti Shopee, Lazada, OLX ataupun Zalora. Nah, berikut alasan-alasan yang saya dapatkan.

  • Ingin menggunakan layanan marketplace lain.
  • Ingin membuat akun toko baru dengan nama yang berbeda.
  • Lupa password atau alamat email.
  • Mempunyai banyak duplikat akun.

FAQ

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia atau yang lebih dikenal dengan TokPed merupakan salah satu layanan marketplace jual beli online seperti layaknya Shopee dan Lazada. Namun, Tokopedia adalah situs Online Shope lokal yang berhasil dibuat oleh anak-anak bangsa.

Kenapa akun Tokopedia yang sudah terdaftar ingin dihapus?

Banyak sekali alasan pengguna ingin menghapus akun Tokopedia, mulai dari memiliki akun duplikat, bosan berbelanja online, ingin stop dalam dunia jual beli ataupun ingin membuat akun baru sebagai toko pengganti.

Apakah bisa menghapusnya secara permanen?

Bagi yang sudah memiliki akun Tokopedia sebagai pembeli ataupun penjual, kamu bisa melakukan penutupan dengan mudah tanpa menghubungi layanan customer service. Untuk caranya silahkan baca artikel diatas.

Itulah pembahasan mengenai cara menghapus akun Tokopedia sebagai pembeli secara permanen. Jangan lupa tinggalkan komentar jika masih ada pertanyaan yang belum kamu tahu, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.

4 pemikiran pada “Cara Menghapus Akun Tokopedia”

  1. Saya mau tanya cara menghapus akun Tokopedia sebagai pembeli dan bukan dari hape tapi dari laptop. Karena saya memang gak instal apilkasi tokped di hape.
    Bagaimana caranya ?

    Terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar