Cara Cek Indent Motor Honda

Buat kamu yang ingin membeli motor Honda, kamu perlu tahu jika beberapa tipe motor yang dijual pasti akan membutuhkan proses indent terlebih dahulu. Terutama untuk tipe motor Honda CRF 150L, PCX, Scoopy dan Sonic 150R.

Selain itu, tidak ada kepastian berapa lama waktu indent yang dibutuhkan saat kamu ingin membeli motor Honda tersebut. Dan dari informasi yang ada, Astra Honda Motor mengatakan bahwa proses indent biasanya hanya memerlukan waktu 1 minggu hingga 2 bulan saja.

Sayangya, masih banyak orang yang sering mengeluh karena motor yang nereka beli dengan cara indent tak kunjung tiba. Apalagi pihak dealer juga tidak memberikan estimasi berapa lama waktu indent yang dibutuhkan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan cara cek status indent motor Honda secara online. Tapi sebelumnya, tidak ada salahnya jika kamu membaca penjelasan apa itu arti inden motor dibawah ini.

Apa itu Indent?

Indent merupakan proses pembelian barang dengan cara memesan lalu membayar uang pemesanan terlebih dahulu. Khusus untuk indent motor, biasanya terjadi apabila motor yang akan dibeli belum tersedia di dealer atau belum ready stock.

Untuk melakukan indent motor, baik itu merk Honda ataupun Yamaha. Kamu cukup pergi ke dealer terdekat lalu memesan motor yang akan dibeli, kemudian kamu akan disuruh membayar biaya DP sekitar 5-10% dari total harga motor.

Berapa Lama Indent Motor Honda?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika proses inden motor Honda rata-rata hanya memerlukan waktu sekitar 1 minggu – 2 bulan. Tapi tak jarang ada sebagian orang yang sudah menunggu sampai 2/3 bulan dan motor baru bisa datang.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu indent motor Honda bisa sangat lama, salah satunya faktor keterbatasan stock atau kamu berada di lokasi yang jauh dari pusat produksi. Untuk itu, agar bisa melihat status indent motor Honda secara akurat, kamu perlu rutin menanyakannya ke pihak dealer atau sales penjualan yang kamu pakai.


“Sedikit cerita dari saya soal indent motor Honda CRF 150L pada bulan november 2020”

Bulan november 2020 tepatnya tanggal 24/12/2020 saya berniat ingin membeli salah satu motor keluaran Honda dengan tipe CRF 150L. Waktu itu, saya ga tau jika unit CRF harus dibeli secara inden atau dipesan terlebih dahulu.

Semua dealer yang ada di kota Magelang sudah saya kunjungi namun tetap saja untuk unit CRF 150 belum ready stock dan harus membelinya secara indent. Jadi yaudah deh saya beli itu motor dengan cara indenn.

Saat itu pihak dealer bilang kalo saya ada di urutan ke-2 untuk indent unit motor CRF nya, seketika saya seneng dong karena masih urutan terdepan. Pihak dealer juga bilang begini “ini indentnya bisa cepet kok mas, mungkin paling lama 1 minggu sudah dateng unitnya”.

Hari demi hari beralu, sampai hari ke-10 masih belum ada kabar juga, saat itu saya rutin tanya salesnya via WhatsApp soal indentan yang belum ada kabar sama sekali. Sampai dimana saya juga udh bosan tiap hari WA salesnya dan tanya status indent wkwkwkw.

Menuju hari ke-16 saya udh mulai bosan dan ngebet banget pengen unitnya cepet nyampe, tapi ya itu saya kontak lagi salesnya katanya belum ada kabar dan masih disuruh menunggu. Di hari itu juga saya buka facebook lalu gabung ke grup-grup Honda CRF Indonesia.

Setelah itu saya scroll-scroll cari postingan orang lain yang membahas soal indent motor CRF 150. Nah saat itu saya kaget dong karena ada beberapa pengguna yang posting mengenai indent CRF kok lama banget sampai 3 bulan belum ada kabar.

Sampai disini saya udah mulai lemes gelisah klo endingnya sampai harus nunggu 3 bulan wkwkwk. Apalagi unit CRF yang saya beli waktu itu warna hitam atau Extreme Black yang bisa dibilang salah satu warna paling lama kalo pesen pake cara indent.

Nah, karena tidak ada cara lagi yang bisa saya lakukan untuk cek status indent motor Honda selain tanya ke salesnya. Saya pun coba komplain ke akun Twitter AstraHondacare, saya tiap hari komplain soal pesenan motor CRF sampai akhirnya di hari ke-18 ada telpon masuk dari AHM pusat di jakarta.

Hari ke-18 tepatnya tanggal 12/12/2020 saya dapet telpon pas pagi hari, terus sorenya saya dapet telpon lagi dari Astra Honda Pusat Yogyakarta. Mereka bilang kalo unit sudah ada yang sampai di jogja, dan harusnya sudah ada yang masuk ke kota Magelang.

Setelah itu saya tanya lagi dong ke salesnya, nah salesnya bilang masih belum ada kabar terbaru dari indent motor CRF nya. Sampai disini sya udh mulai males lagi deh wkwkwk. Trus hari ke-19 pas sore hari saya dpt telpon dari sales.

Dia bilang klo unit CRF mau dateng besok pagi, dan saya disuruh dateng ke dealer untuk melakukan pelunasan administrasi, nah langsung deh saya seneng banget. Dan malam itu serasa ga bisa tidur nunggu pagi hari lama banget wkwkwk.

Tapi akhirnya sama aja nunggu ampe malem dan motornya dateng ke rumah skitar jam 17:26 WIB. Nah beginilah hasil menunggu sampe hampir 3 minggu :p

Indent Motor Honda CRF 150 L Black Extreme

Mungkin itu saja sedikit curhatan dari saya, buat kamu yang masih bertanya perihal inden motor berapa lama atau saat ini memang masih menunggu inden motor Honda, silahkan tunggu saja karena setiap wilayah pasti memiliki waktu lama inden yang berbeda-beda.

Berikut beberapa tabel informasi yang saya dapat dari situs resmi Astra Honda Motor mengenai berapa lama waktu Indent yang dibutuhkan pada beberapa jenis motor Honda. Tabel dibawah ini hanya sebagai acuan dan bisa berubah setiap saat.

Tipe MotorLama Indent
PCX1 – 2 Bulan
Scoopy FI2 – 3 Minggu
Beat FI STDReady Stock
Beat FI CWReady Stock
Beat FI CBSReady Stock
CRF 150 L1 – 2 Bulan
Sonic 1501 – 2 Bulan
Supra X 125 STDReady Stock
Supra X 125 CWReady Stock
Supra X 125 FI STDReady Stock
Supra X 125 FI CWReady Stock
Blade SReady Stock
Blade RReady Stock
Vario CWReady Stock
Vario Techno 125 STDReady Stock
Vario Techno 125 CBSReady Stock
Verza 150 SWReady Stock
Verza 150 CWReady Stock
New Mega Pro FIReady Stock
CB150R StreetFireReady Stock

Cara Cek Indent Motor Honda Secara Online

Nah, buat kamu yang saat ini masih menunggu proses indent motor Honda, baik itu unit CRF, PCX atau Scoopy. Kamu bisa kok melacak status indent lewat aplikasi Motorku X secara online. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi Motorku X melalui layanan Google PlayStore.Cek Indent Motor Honda CRF 150
  2. Kemudian Daftar/Masuk menggunakan akun facebook atau email, jika sudah klik tombol Masuk.Melihat Status Indent Motor
  3. Setelah masuk ke halaman Dashboard, silahkan klik menu Aktivitas.Cek Berapa Lama Jadwal Pengiriman Indent Motor
  4. Lalu klik tab Tracking dan klik menu Masukkan nomor Tracking kamu.Cara Cek Inden Motor Scoopy
  5. Untuk mulai cek status inden motor Honda, kamu bisa langsung klik opsi Tracking Indent.Tips Cek Status Indent Motor Honda Secara Online
  6. Jika sudah tinggal masukkan nomor Indent yang kamu dapatkan dari dealer saat melakukan pemesanan sepeda motor. Lalu klik tombol Cari.Tracking Indent Motor Honda Terbaru
  7. Selesai.

Untuk mendapatkan Nomor Indent, kamu perlu tanya ke pihak dealer atau sales yang kamu gunakan. Biasanya nomor ini memang tidak diberitahukan kepada pembeli setelah selesai melakukan pembayaran pesanan.

Jadwal Pengiriman Motor Honda ke Dealer

Setiap pembelian motor Honda baik itu saat ready stock ataupun inden. Semua pesanan akan dikirimkan ke alamat pembeli setiap hari kecuali hari libur mulai dari jam 09:00 sampai 19:30 WIB. Jadi pastikan kamu berada dirumah saat pengiriman motor Honda dari dealer sudah di jadwalkan.

Itulah sedikit cerita mengenai indent motor dan cara cek indent motor honda secara online. Jangan lupa berbagi cerita tentang berapa lama waktu yang kamu butuhkan saat membeli motor dengan cara inden. Terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar