Cara Flash Lenovo A516

Banyak pengguna yang masih belum mengetahui cara untuk melakukan flash ulang pada HP Lenovo A516 yang sudah terkena masalah kerusakan sistem, baik itu bootloop, mati total (matot) hingga muncul pesan error berupa tool dl image fail.

Lenovo A516 sendiri merupakan salah satu HP android yang cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia, selain menawarkan harga jual yang murah, HP ini juga memiliki sepsifikasi yang tak kalah menarik yaitu dengan dukungan prosessor Dual-core 1.3 GHz Cortex-A7 dengan GPU MALI-400. Sehingga saat dipakai untuk membuka banyak aplikasi sekaligus, HP Lenovo A516 ini akan terasa lancar tanpa ada gangguan lag sedikitpun.

Hal tersebut yang membuat banyak orang tertarik dan ingin segera membeli HP Lenovo seri A516, apalagi produk-produk Lenovo kini sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat, selain kualitasnya yang bagus, setiap produk yang dijual oleh Lenovo ternyata jauh lebih murah jika dibandingkan dengan merek lain.

Meskipun begitu, tetap saja yang namanya barang elektronik akan rentan mengalami kerusakan, entah pada bagian hardware maupun software, namun yang paling banyak dialami oleh orang-orang pengguna produk Lenovo A516 adalah kerusakan yang terjadi pada bagian software. Sehingga menyebabkan HP tersebut mengalamai bootloop, hang, matot hingga WIFI tidak dapat berfungsi.

Maka dari itu, bagi pengguna HP Lenovo khususnya seri A516, maka tidak perlu hawatir jika terkena masalah kerusakan sistem, karena Anda dapat memperbaikinya dengan mudah tanpa PC atau dengan bantuan PC melalui metode flash ulang menggunakan ROM.RAW bawaan resmi dari Lenovo.

Sebenarya ada banyak sekali tutorial flashing ulang HP Lenovo A516 yang bisa dicoba dengan mudah, namun karena tidak semua tutorial tersebut masih bisa digunakan di tahun 2020, maka pada kesempatan kali ini saya telah mempersiapkan 2 tutorial flash terbaik yang bisa Anda coba gunakan saat ingin melakukan flash ulang HP Lenovo.

Cara Flash HP Lenovo A516 Via SP FlashTool

Tutorial Flash Ulang ROM HP Lenovo A516

Untuk cara pertama kita akan menggunakan software bernama SP Flashtool, software ini dapat digunakan untuk memperbaiki semua kerusakan sistem yang terjadi pada HP merek Lenovo, seperti bootloop, matot, hang, error dl image fail dan lain sebagainya.

Namun sebelum mencoba menggunakan cara flashing via Flashtool, maka saya sarankan Anda untuk mempersiapkan sebuah Komputer atau Laptop terlebih dahulu, karena proses ini akan membutuhkan bantuan PC yang sudah terinstall USB driver 3.0 atau ADB driver versi terbaru.

Bahan-bahan flash (wajib di download):

Flash Ulang Lenovo A516 via FlashTool:

  1. Buka program SP FlashTool yang sudah di install pada PC Laptop atau Komputer.
  2. Kemudian klik ikon gambar BOX lalu cari firmware yang sudah Anda download sebelumnya (file .RAW).
  3. Hubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB, dan pastikan posisi ponsel dalam keadaan FastBoot Mode.
  4. Selanjutnya akan muncul informasi saat device sudah terhubung dengan software FlashTool, untuk mulai melakukan flash ulang HP Lenovo A516 klik saja tombol Start.
  5. Kemudian tunggu hingga proses flashing selesai sampai muncul notifikasi seperti (flash succesfully).
  6. Jika muncul pesan Flash successfully maka silahkan cabut ponsel Anda dan coba hidupkan kembali.
  7. Selesai.

Cara Flash ROM Lenovo A516 Via SD Card (Tanpa PC)

Kemudian untuk cara kedua kita dapat melakukan flash dengan mudah tanpa bantuan PC atau Komputer, cara ini terbilang salah satu tutorial flashing ulang HP android paling cepat karena kita hanya memerlukan bantuan Micro SD Card untuk alat penginstallan stock ROM bawaan yang berformat .RAW.

  1. Pertama-tama silahkan Anda download terlebih dahulu stock ROM bawaan HP Lenovo A516 yang berformat .RAW.
  2. Kemudian ekstrak menggunakan aplikasi WinRAR atau 7Zip.
  3. Setelah itu taruh file hasil ekstrakan ke luar folder yang ada di SD Card.
  4. Jika sudah, silahkan Anda Restart HP tersebut dan tunggu hingga proses flash berjalan hingga 100%.
  5. Selesai.

Error Yang Sering Terjadi

Masalah yang kerap dialami saat melakukan proses flash ulang HP android merek Lenovo adalah munculnya pesan error berupa DL Image Fail. Hal ini disebabkan karena driver USB yang digunakan belum terinstall sepenuhnya, jadi jika Anda membaca tutorial flash ulang HP android Lenovo di Youtube, Kaskus ataupun di Blog, pastikan untuk mendownload driver USB yang disarankan.

Demikianlah artikel mengenai cara flash ulang Lenovo A516 dengan mudah tanpa PC atau dengan PC via software flashtool, adb, sd card dan recovery, jangan lupa berikan komentar jika masih ada pertanyaan dari tutorial diatas, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar