Cara Flash Lenovo A516

Proses flash ulang menjadi cara terbaik untuk mengatasi berbagai kerusakan sistem yang terjadi di HP Android, terutama pada HP Lenovo A516 yang sering mengalami sistem error seperti bootloop, blank putih dan matot (mati total).

Lenovo A516 sendiri merupakan salah satu HP android yang cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain menawarkan harga jual yang murah, HP ini juga memiliki spesifikasi tinggi dengan dukungan prosessor Dual-core 1.3 GHz Cortex-A7, GPU MALI-400 dan RAM sebesar 1 GB.

Hal tersebut membuat banyak orang tertarik dan ingin segera membeli HP Lenovo seri A516. Apalagi produk-produk elektronik keluaran Lenovo sudah dikenal berkualitas serta awet saat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meski begitu, produk-produk HP Lenovo series juga tak lepas dari yang namanya kerusakan, baik itu pada bagian hardware maupun software. Bahkan kasus yang banyak ditemukan saat ini adalah kerusakan sistem seperti bootloop, hang dan matot yang sering terjadi pada pengguna HP Lenovo tipe A516.

Oleh sebab itu, bagi pengguna HP Lenovo A516 yang mengalami kerusakan dibagian softare. Maka tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya secara manual dengan cara flashing ulang menggunakan firmware resmi yang disediakan.

Cara Flash HP Lenovo A516 Via SP FlashTool

Tutorial Flash Ulang ROM HP Lenovo A516

Cara pertama kita akan menggunakan software bernama SP Flashtool, software ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan sistem yang sering terjadi pada HP Lenovo tipe lain. Seperti bootloop, matot, hang, error dl image fail dan lain sebagainya.

Nah, sebelum masuk ke langkah-langkah flashing HP Lenovo via sp flashtool, saya asumsikan Anda telah memiliki file dan bahan yang dibutuhkan, jika belum silahkan download melalui link dibawah ini:

Nama FileLink Download
SP FlashToolDownload
USB MTK DriverDownload
Firmware ROM Lenovo A516 (Tested)Download
  1. Langkah pertama buka program SP FlashTool yang sudah di install pada PC atau Komputer.
  2. Kemudian klik ikon gambar BOX lalu cari file firmware yang sudah Anda download sebelumnya (file .RAW).
  3. Setelah itu hubungkan HP ke PC menggunakan kabel USB, dan pastikan posisi sudah dalam keadaan FastBoot Mode.
  4. Jika sudah akan muncul informasi ketika device sudah terhubung dengan software FlashTool. Nah, untuk mulai melakukan flashing HP Lenovo A516 langsung saja klik tombol Start.
  5. Lalu tunggu hingga proses flash berjalan hingga 100% sampai muncul notifikasi Flash Succesfully.
  6. Langkah terakhir cabut batre dan nyalakan ulang HP tersebut.
  7. Selesai.

Cara Flash Lenovo A516 Via SD Card (Tanpa PC)

Kemudian untuk cara selanjutnya kita akan mencoba flash ulang tanpa membuthkan bantuan PC atau Laptop. Cara ini termasuk metode flashing paling mudah karena hanya membutuhkan memori eksternal (micro SD) saja sebagai penyimpanan file firmware.

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu stock ROM bawaan HP Lenovo A516 yang berformat .RAW.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi WinRAR atau 7Zip.
  3. Setelah itu pindahkan hasil file ekstrakan ke Micro SD.
  4. Terakhir Restart HP tersebut dan tunggu hingga proses flash berjalan otomatis.
  5. Selesai.

Error Yang Sering Terjadi

Oiya, masalah serta error ketika proses flash berlangsung memang sering dialami oleh banyak orang. Terutama bagi yang mencoba flash ulang HP tipe Lenovo series, saya yakin banyak diantara mereka yang mengalami masalah berupa pesan error DL Image Fail.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengisntall ADB USB Driver versi terbaru yang sudah kompatibel dengan versi PC milik Anda.

Nah itulah artikel mengenai cara flash ulang HP Lenovo A516 dengan mudah via SD Card tanpa bantuan PC. Jangan lupa tinggalkan komentar jika masih ada pertanyaan yang belum Anda ketahui, terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar