Cara Mematikan Penyimpanan USB di HP Android (Update 2021)

Salah satu cara untuk menghapus peringatan notifikasi USB yang sering muncul di HP Android adalah dengan mematikan opsi penyimpanan USB. Jika tidak, notifikasi akan muncul meskipun kamu sedang membuka aplikasi WhatsApp atau Facebook.

Pada dasarnya, semua HP Android sudah dibekali dengan opsi USB Storage, baik itu Samsung, Realme, Vivo ataupun Xiaomi. Kemudian untuk cara mengaktifkan dan menonaktifkan penyimpanan USB juga bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk itu, buat kamu yang belum tahu bagaimana cara mematikan opsi USB Storage di HP Android. Kamu tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya secara lengkap dan detail.

Cara Mematikan Penyimpanan USB di Android

Cara Menonaktifkan Opsi Penyimpanan USB di HP Android

Sebelum menonaktifkan penyimpanan USB, pastikan kamu tahu tipe dan merk dari HP Android yang sedang digunkan. Karena, setiap merk HP Android akan mempunyai settingan yang berbeda-beda.

1. Mematikan Penyimpanan USB di HP Vivo / Xiaomi

Cara pertama yang akan digunakan untuk menghapus opsi USB Storage bisa dicoba buat kamu pengguna HP Android merk Vivo atau Xiaomi. Cara ini berlaku untuk semua tipe mulai dari seri lama hingga terbaru.

  1. Pertama, masuk ke Pengaturan.
  2. Kemudian geser kebawah lalu pilih menu Penyimpanan Internal.
  3. Setelah itu, pilih menu Setelan USB dan Debugging.
  4. Terakhir ceklis matikan settingan penyimpanan bersama dan klik tombol Simpan.
  5. Selesai.

2. Mematikan Penyimpanan USB di HP Samsung / Realme

Kemudian merk HP Android Samsung dan Realme juga memiliki settingan berbeda untuk mematikan opsi penyimanan USB Storage. Nah, buat kamu yang belum tahu cara melakukanya, simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, buka Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya geser kebawah dan pilih opsi Penyimpanan dan Storage.
  3. Kemudian pilih icon gerigi lalu klik Setelan Penyimpanan.
  4. Setelah itu, pilih opsi Lepas Penyimpanan Bersama dan klik atur semua ke Memori Internal.
  5. Terakhir tinggal klik tombol Simpan lalu restart HP Android secara manual..
  6. Selesai.

Kesimpulan

Apabila semua cara diatas sudah kamu coba, tapi notifikasi “mohon matikan penyimpanan usb dan coba lagi” belum hilang. Maka solusi terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan hard reset atau kembalikan ke setelan pabrik.

FAQ

Apa itu penyimpanan USB di HP Android?

Arti penyimpanan USB atau USB Storage merupakan akses agar HP Android bisa terbaca ketika disambungkan ke Laptop atau Komputer. Selain itu, fungsi USB Storage biasanya hanya dipakai untuk proses pemindahan data saja.

Apa resiko jika mematikan opsi penyimpanan USB?

Tidak ada resiko, hanya saja saat opsi USB nonaktif, HP Android tidak bisa terbaca oleh perangkat dekstop.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mematikan penyimpanan USB di semua merk HP Android. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaatm terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar