Cara Serlok Lokasi di WA / WhatsApp (Terbaru 2022)

Kamu mungkin menggunakan WhatsApp setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja ataupun gebetan. Tapi, apakah kamu sudah mengerti cara serlok (Share Lokasi) di WA atau WhatsApp? Jika belum, simak artikel ini ya!

Semua fitur yang ada di aplikasi WhatsApp memang sangat membantu segala aktivitas. Termasuk fitur Share Location atau biasa diketik Serlok. Fitur ini mempermudah kamu mengirim lokasi kepada penerima.

Penggunaan fitur ini sama mudahnya dengan kirim pesan, foto atau video, melakukan panggilan, bahkan gak lebih susah dari membuat story WA. Makanya, sayang banget kalau kamu masih belum bisa memakai fitur ini.

Jenis-jenis Serlok Lokasi / Share Location

Mengenal Beragam Fitur Share Loc atau Share Lokasi

Ada beberapa pilihan opsi serlok di aplikasi WA yang bisa kamu gunakan, semuanya bisa dicoba secara langsung sesuai dengan kebutuhan, Biar lebih jelas, silahkan baca tiga jenis serlok beserta kegunaanya.

1. Serlok Lokasi Tetap (Send Your Current Location)

Fitur ini memungkinkan kamu mengirim lokasi secara akurat. Kamu bisa menggunakan fitur ini apabila ingin menunjukkan lokasi terakhir kamu saat ini. Bahkan jarak akurasi bisa sangat dekat sekitar 6 – 25 meter.

Fitur ini bisa jadi bermanfaat di beberapa kesempatan. Misalnya ketika kamu dan teman ingin janjian untuk bertemu di satu tempat, kamu hilang dari rombongan atau ketika kamu ngode mas pacar untuk dateng ke rumah.

2. Serlok Statis (Share Live Location)

Maksud serlok statis adalah lokasi yang dikirimkan akan berpindah sesuai dengan perpindahan ponsel kamu. Fungsinya tak lain agar penerima bisa memantau pergerakan kamu secara real time. Durasi yang berlaku mulai dari 15 menit – 8 jam.

Kamu bisa menggunakan fitur ini di berbagai kesempatan, seperti memantau perjalanan orang tersayang untuk mengawasi keadaan mereka dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari perasaan was-was dan cemas.

Sisi baiknya lagi, kamu bisa langsung bertindak dan mendatangi lokasi yang ditunjukkan apabila terjadi sesuatu yang mencurigakan. Karena akurasi menggunakan fitur serlok statis sangat akurat.

Misalkan kamu sedang menunggu kedatangan ayah ibu dari luar kota. Untuk memastikan keselamatan mereka, kamu meminta mereka untuk memberi kabar sampai di mana dan kegiatan apa yang sedang lakukan.

Daripada menanyakan “udah sampe mana yah? bu?” secara terus-terusan sampai mereka muak. Kamu bisa meminta mereka untuk serlok statis di WA. Hati kamu tenang, mereka juga nyaman!

3. Serlok lewat Google Maps

Cara serlok yang satu ini emang pas banget buat kamu yang ingin kirim informasi lebih akurat atau memberikan informasi dengan durasi yang lebih lama. Sebab Google Maps memungkinkan kamu berbagi lokasi hingga 1 hari lamanya.

Sayangnya, cara ini sedikit lebih ribet daripada kedua cara diatas. Namun kamu bisa menggunakannya untuk berbagi lokasi di aplikasi lain seperti Google Mail, Facebook, Line, dan media sosial lainnya.

Cara Serlok di WA (WhatsApp)

Cara Serlok WA

Setelah mengetahui jenis-jenis serlok, kamu bisa langsung masuk ke langkah kedua yaitu mencoba menggunakan fitur Share Location / Serlok Lokasi lewat aplikasi WhatsApp. Tapi sebelum mencoba, lengkapi dulu syarat berikut ini.

  • Berikan akses pada Google untuk memantau lokasi.
  • Menyalakan fitur GPS atau Location (Lokasi).
  • Memberikan akses izin lokasi aplikasi WhatsApp.

Apabila semua syarat sudah terpenuhi, langkah selanjutnya kamu bisa langsung mencoba cara serlok WA berikut ini. Karena ada tiga metode, silahkan kamu pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan.

1. Cara Serlok Lewat WA Lokasi Tetap

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan ruang chat kontak yang ingin dituju.
  2. Kemudian klik Lampiran atau Attachment yang bergambar penjepit file/kertas.
  3. Selanjutnya pilih Location atau Lokasi. Setelah itu akan muncul titik biru yang menunjukkan titik lokasi yang akan dikirimkan ke nomor penerima.
  4. Terakhir tekan pilihan Send your current location.
  5. Selesai.

Biasanya terdapat keterangan seberapa akurat lokasi yang dikirimkan. Akan tetapi kalau jaringan internet kamu dan jaringan internet nomor penerima stabil, lokasi yang dikirimkan akan sangat akurat.

2. Cara Serlok WA Statis

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi WA dan ruang chat kontak yang ingin kamu sharelok lokasi rumah.
  2. Setelah itu, tekan Lampiran atau Attachment yang bergambar penjepit file/kertas.
  3. Kemudian tekan Location atau Lokasi.
  4. Lalu pilih Share Live Location.
  5. Jika sudah, pilih durasi waktu ShareLoc antara 15 menit / 1 jam / 8 jam.
  6. Tambahkan komentar jika perlu.
  7. Terakhir tekan tombol Kirim.
  8. Selesai.

Oh iya, pilihan durasi waktu serlok terlalu lama bisa menyebabkan baterai ponsel sangat boros. Untuk itu, setelah semuanya beres silahkan matikan opsi serlok dengan menekan tombol Stop Sharing atau Berhenti Bagikan.

3. Cara Serlok Lokasi di WA dengan Google Maps

  1. Buka aplikasi Maps atau Google Maps di ponsel kesayangan kamu.
  2. Kemudian klik menu Profil.
  3. Setelah itu, klik Location Sharing.
  4. Selanjutnya klik New Share.
  5. Lalu tentukan berapa lama kamu akan membagikan lokasi. Kamu bisa memilih 1 – 12 jam atau 1 hari penuh hingga waktu yang tidak ditentukan sampai kamu mematikan fitur ini.
  6. Selanjutnya buka aplikasi WA.
  7. Jika sudah, klik tombol Share.
  8. Terakhir tentukan kontak penerima serlok.
  9. Selesai.

Menggunakan fitur serlok bisa jadi menguntungkan namun bisa juga sangat merugikan. Apalagi buat kamu yang punya ponsel dengan baterai sangat boror. Sebab, serlok akan memakan banyak energi baterai.

FAQ

Apa bedanya serlok dan shareloc?

Tidak ada perbedaan antara keduanya, semua hanya berbeda dari segi penggunaan bahasa saja. Isitilah serlok lebih banyak dipakai oleh pengguna desa yang kurang mengetahui peribahasa Inggris.

Apakah bisa untuk serlok lokasi rumah?

Bisa sekali, kamu bisa menggunakan serlok untuk semua lokasi, asalkan lokasi tersebut sudah tercover dengan jaringan internet atau sinyal.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara serlok lokasi di WA atau WhatsApp. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar