Cara Flash ASUS X014D

ASUS X014D atau yang lebih dikenal dengan ASUS Zenfone GO merupakan salah satu HP Android yang saya gunakan hingga saat ini, dengan harga jual yang terbilang cukup murah namun tetap menawarkan spesifikasi tinggi, sayapun tertarik dan membeli ASUS Zenfone GO beberapa waktu lalu, namun yang terjadi akhir-akhir ini ponsel tersebut sering mengalami error dan terasa sangat lemot, ingin sekali saya mencoba melakukan flash ulang ASUS X014D tersebut agar kinerja bisa kembali normal.

Meskipun HP merek ASUS sudah terkenal sangat awet saat dipakai dalam penggunaan sehari-hari, namun tetap saja didalam balutan hardware premium yang kokoh, tetap saja yang namanya sistem operasi tidak akan stabil jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Seperti layaknya di sistem operasi komputer, jika digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu lama, pasti akan ada beberapa masalah yang akan timbul, seperti yang banyak ditemukan saat ini yaitu masalah software di ASUS Zenfone GO terkena bootloop, wifi problem, kinerja lemot bahkan hingga matot (mati total), dan untuk memperbaikinya juga sangat mudah, kita hanya perlu melakukan install ulang sistem Android dengan cara Flash ASUS X014D tersebut dengan firmware resmi yang ada.

Oleh sebab itu jika Anda merupakan salah satu pengguna HP ASUS Zenfone GO yang sedang mengalami kerusakan sistem, maka Anda tidak usah hawatir karena di kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa cara untuk melakukan flash ulang di HP ASUS Zenfone GO menggunakan beberapa tool yang sering dipakai oleh para teknisi HP. Bahkan ada banyak cara yang dapat Anda pilih untuk digunakan, yaitu via SP FlashTool, ADB FastBoot hingga via UFI Box.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via SP FlashTool

Untuk cara pertama kita akan mencoba melakukan flashing menggunakan sofware resmi yang bernama ASUS SP FlashTool, software ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki ponsel ASUS tipe lain yang mengalami kerusakan software (perangkat lunak) baik itu bootloop, sistem error dan ponsel sering restart dengan sendirinya.

Namun sebelum mencoba menggunakan ASUS SP FlashTool, pastikan Anda sudah memiliki apa saja bahan dan file yang dibutuhkan terlebih dahulu, jika belum silahkan download terlebih dahulu:

Langkah pertama pastikan Anda sudah menginstall SP FlashTool dan ASUS Intel USB Driver terlebih dahulu, jika sudah kita langsung masuk ke langkah-langkah berikut.

Flash Ulang ASUS Zenfone GO via SP FlashTool:

  1. Buka program SP FlashTool yang sudah Anda install di PC Laptop atau Komputer.
  2. Kemudian klik ikon gambar BOX lalu cari firmware yang sudah Anda download sebelumnya (file .RAW).Cara Flash ASUS X014D Via FlashTool
  3. Hubungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB, dan pastikan posisi ponsel dalam keadaan FastBoot Mode.
  4. Selanjutnya akan muncul informasi saat device sudah terhubung dengan ASUS FlashTool, untuk mulai melakukan flash ulang ASUS Zenfone GO (X014D) silahkan klik saja pada tombol Start.Flash Zenfone GO Dengan FlashTool
  5. Kemudian tunggu hingga proses flashing selesai sampai muncul notifikasi seperti ini.Flash ASUS X014D Terbaru
  6. Jika sudah muncul pesan Flash image successfully maka silahkan cabut ponsel Anda dan coba hidupkan kembali.
  7. Selesai.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via ADB

Untuk cara kedua kita akan menggunakan metode flash ulang melalui ADB FastBoot, cara ini terbilang sangat mudah karena banyak dipakai oleh pengguna yang masih awam dalam dunia flashing HP android, namun sebelum mencobanya silahkan download file yang dibutuhkan terlebih dahulu.

  • ADB Minimal FastBoot
  • Firmware ASUS X014D
  • ASUS Intel USB Driver

Silahkan install ADB Minimal FastBoot dan ASUS Intel USB Driver pada PC yang Anda gunakan, jika sudah jangan lupa untuk mengganti nama file firmware yang sudah di download menjadi update.zip agar lebih mudah untuk diingat.

Flashing Ulang ASUS Zenfone GO Bootloop via ADB:

  1. Pindahkan file firmware ke dalam folder installasi ADB Minimal FastBoot, biasanya akan terinstall di (C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot).Cara Flashing Zenfone GO via ADB
  2. Selanjutnya matikan ponsel dan silahkan masuk ke menu Recovery Mode.
  3. Setelah masuk Recovery Mode, lalu pilih menu apply update from ADB gunakan tombol volume dan power untuk melakukan navigasi.Apply Update ADB
  4. Kemudian hubungkan ponsel dengan PC menggunakan kabel USB.
  5. Lalu jalankan program adb.exe via Administrator.
  6. Setelah itu ketikkan adb devices dan klik enter, maka device akan terbaca secara otomatis.Flash ASUS X014D dengan ADB
  7. Selanjutnya untuk mulai melakukan flashing, ketikkan perintah adb sideload update.zip lalu klik enter, dan proses flash akan berjalan.Flash ASUS Via ADB FastBoot
  8. Terakhir tinggal menunggu proses tersebut selesai hingga 100%, jika sudah maka ponsel Anda akan restart dengan sendirinya.
  9. Selesai.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via UFI

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan software UFI Box, namun perlu Anda tahu jika cara ini hanya sering digunakan jika ponsel sudah mengalami masalah serius seperti contohnya Brick, tidak bisa menyala, Matot (mati total).

Sebelum mencoba cara ini, pastikan Anda sudah mempunyai sofware UFI Box dan firmware ASUS Zenfone Go official terlebih dahulu, jika belum silahkan download:

Silahkan untuk ekstrak file firmware yang sudah Anda download menggunakan aplikasi ekstraktor seperti WinRAR atau 7Zip.

  1. Siapkan kabel USB dan matikan HP ASUS Zenfone Go Anda.
  2. Dalam keadaan ponsel Off, tekan dan tahan tombol (power + volume up + volume down) secara bersamaan lalu tancapkan kabel USB.
  3. Selanjutnya silahkan Anda buka UFI Box dan pada bagian tab kanan, silahkan pilih Mediatek dan Scatter.Flash ASUS X014D Via UFI
  4. Kemudian akan muncul jendela file manager, dan cari file firmware yang sudah Anda ekstrak sebelumnya, cari file scatter tersebut dan klik Open.Flash Zenfone 2
  5. Lalu tunggu sebentar sampai file scatter terbaca (load), jika sudah tinggal klik pada tombol Flash pada bagian kanan bawah.Flash Via UFI ASUS
  6. Kemudian tinggal menunggu proses flash ASUS X014D Anda selesai, dan jika sudah maka akan muncul informasi “MTK SoC Platform Validation: passed” dan artinya proses flash sudah selesai.Flashing Dengan UFI
  7. Terakhir silahkan cek kembali ponsel Anda maka akan otomatis restart dan menyala seperti ponsel baru.
  8. Selesai.

Masalah Yang Sering Dialami

Karena proses flashing HP android bukanlah hal yang mudah, saya yakin banyak diantara Anda yang akan mengalami masalah saat mencoba melakukanya, maka dari itu disini saya juga akan mencoba menjawab beberapa permasalahan yang sering dialami pengguna saat melakukam flash yaitu:

  • Ponsel tidak terbaca (silahkan ulangi menginstall USB driver) atau gunakan sofware driver installation EasyDriver.
  • Proses Flash tidak berjalan (pastikan untuk gunakan kabel USB original bawaan).
  • Firmware tidak terbaca (pastikan file type saat memilih file sudah pada opsi All).

Demikianlah artikel mengenai cara flash ASUS X014D (Zenfone GO) via sp flashtool, adb dan ufi box, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berikan komentar jik ada pertanyaan yang belum Anda ketahui mengenai cara diatas, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi.

6 pemikiran pada “Cara Flash ASUS X014D”

  1. Usb device not recognized itu kasus device belum terbaca om, coba install ulang USB driver versi terbaru.

    Balas

Tinggalkan komentar