Cara Flash ASUS X014D

Cara terbaik untuk mengatasi kerusakan sistem yang sering terjadi pada HP ASUS Zenfone GO (X014D) adalah dengan melakukan flash ulang menggunakan firmware original. Cara nya pun sangat mudah dan bisa dilakukan via ufi, adb, qfil dan sp flashtool.

ASUS X014D sendiri merupakan salah satu HP Android yang masih saya gunakan hingga sekarang. Seiring berjalanya waktu, HP ini mulai terasa lemot dan sering megalami error dibagian software, terutama yang sering terjadi yakni bootloop, hang hingga pernah sampai mati total (matot).

Jika sudah seperti ini, saya rasa melakukan flash ulang ASUS Zenfone GO menggunakan file firwmare bawaan memang menjadi pilihan terbaik. Selain dapat mereset semua settingan sistem android, dengan proses flashing kita juga bisa langsung melakukan upgrade sistem android ke versi terbaru.

Maka dari itu, jika Anda adalah salah satu pengguna HP ASUS Zenfone GO yang sedang mengalami kerusakan sistem, tidak ada salahnya jika Anda mencoba flash ulang HP tersebut agar kembali normal seperti sediakala.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial flash ulang HP ASUS Zenfone GO menggunakan beberapa tool yang sering dipakai oleh para teknisi HP. Seperti via adb, ufi, qfil, asus sp flashtool dan via sd card tanpa bantuan PC.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via SP FlashTool

Untuk cara pertama kita akan mencoba melakukan flashing menggunakan sofware resmi yang bernama ASUS SP FlashTool. Software ini dapat digunakan untuk memperbaiki HP ASUS tipe lain yang mengalami kerusakan software baik itu bootloop, sistem error, hang hingga matot.

Namun, sebelum masuk ke langkah-langkah flashing menggunakan asus sp flashtool, pastikan Anda telah memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jika belum silahkan download melalui link dibawah ini.

Nama FileLink Donwload
ASUS SP FlashToolDownload
Firmware ASUS Zenfone GODownload
ASUS USB DriverDownload

Flash Ulang ASUS Zenfone GO via SP FlashTool:

  1. Langkah pertama silahkan install SP FlashTool dan ASUS Intel USB Driver terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka program SP FlashTool via Run As Administrator.
  3. Jika sudah lalu klik ikon gambar BOX dan cari file Firmware ASUS X014D (Zenfone Go) yang sudah Anda download sebelumnya (file .RAW).Cara Flash ASUS X014D Via FlashTool
  4. Selanjutnya hubungkan HP ke PC menggunakan kabel USB, pastikan posisi HP dalam mode FastBoot Mode.
  5. Lalu akan muncul informasi ketika device sudah terhubung dengan ASUS FlashTool, untuk mulai melakukan proses flashing ASUS Zenfone GO (X014D), silahkan klik saja pada tombol Start.Flash Zenfone GO Dengan FlashTool
  6. Kemudian tunggu proses flash berjalan hingga 100% hingga muncul notifikasi seperti ini.Flash ASUS X014D Terbaru
  7. Terakhir akan muncul pesan Flash image successfully. Nah silahkan cabut HP tersebut dan coba hidupkan kembali.
  8. Selesai.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via ADB

Kemudian cara kedua kita akan menggunakan metode flash melalui adb fastboot, cara ini juga terbilang lebih mudah daripada cara pertama. Sebelum mencoba, silahkan download file yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Nama FileLink Donwload
ADB Minimal FastBootDownload
Firmware ASUS X014DDownload
ASUS USB DriverDownload

Flashing Ulang ASUS Zenfone GO Bootloop via ADB:

  1. Langkah pertama silahkan install ADB Minimal FastBoot dan ASUS USB Driver terlebih dahulu.
  2. Kemudian silahkan ganti nama file firmware dengan nama update.zip.
  3. Lalu pindahkan file firmware ke dalam folder installasi ADB Minimal FastBoot, biasanya terletak di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot.Cara Flashing Zenfone GO via ADB
  4. Setelah itu matikan ponsel dan silahkan masuk ke menu Recovery Mode.
  5. Saat di menu Recovery Mode, pilih menu apply update from ADB, gunakan tombol volume dan power untuk melakukan navigasi.Apply Update ADB
  6. Jika sudah hubungkan HP dengan PC menggunakan kabel USB.
  7. Setelah itu jalankan program adb.exe via Run As Administrator.
  8. Lalu ketikkan perintah adb devices dan klik Enter, maka device akan terbaca secara otomatis seperti gambar dibawah.Flash ASUS X014D dengan ADB
  9. Untuk mulai melakukan flash ulang, ketikkan perintah adb sideload update.zip lalu klik Enter dan proses flash akan berjalan secara otomatis.Flash ASUS Via ADB FastBoot
  10. Terakhir tinggal menunggu proses flashing berjalan hingga 100%, jika sudah maka HP ASUS Zenfone GO akan restart dengan sendirinya.
  11. Selesai.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via UFI

Kemudian ada metode flash ulang menggunakan software bernama ufi box, cara ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya metode ini hanya digunakan jika HP ASUS Zenfone GO mengalami kerusakan sistem yang serius, seperti brick, mati total hingga tidak bisa menyala.

Sebelum mencoba, silahkan download software ufi box dan file firmware ASUS Zenfone X014D terbaru melalui link dibawah ini.

Nama FileLink Donwload
UFI BoxDownload
Firmware (Scatter File)Download

Flashing Ulang ASUS Zenfone GO Mode 9006/9008 via UFI Box:

  1. Siapkan kabel USB dan matikan HP ASUS Zenfone Go milik Anda.
  2. Dalam keadaan Off, tekan dan tahan tombol power + volume up + volume down secara bersamaan lalu tancapkan kabel USB.
  3. Kemudian buka software UFI Box dan fokuslah pada bagian tab kanan, lalu pilih Mediatek dan Scatter.Flash ASUS X014D Via UFI
  4. Setelah itu akan muncul jendela file manager, lalu cari file firmware yang sudah Anda ekstrak sebelumnya dan cari file scatter lalu klik Open.Flash Zenfone 2
  5. Selanjutnya tinggal menunggu sebentar sampai file scatter terbaca (load), jika sudah klik tombol Flash pada bagian kanan bawah.Flash Via UFI ASUS
  6. Terakhir apabila proses flash berhasil, maka akan muncul informasi MTK SoC Platform Validation: passed yang artinya proses flash berjalan dengan lancar.Flashing Dengan UFI
  7. Selesai.

Cara Flash ASUS X014D (Zenfone GO) Via SD Card

Kemudian untuk cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan bantuan memori eksternal (SD Card). Cara ini tentu saja sangat mudah dilakukan dan bisa dicoba secara langsung tanpa memerlukan bantuan PC ataupun Laptop.

Sebelum memulainya, silahkan download file firmware ASUS Zenfone X014D terlebih dahulu.

Nama FileLink Download
Asus Zenfone Go X014D (ZB452KG)Download
Asus Zenfone Go X014D (ZB452KG)Download

Flashing Ulang ASUS Zenfone GO via SD Card:

  1. Pertama pastikan baterai HP ASUS X014D masih memiliki daya 70% keatas.
  2. Download salah satu file diatas dan simpan ke memori eksternal atau sd card.
  3. Kemudian silahkan masuk ke menu Recovery Mode dengan cara menekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  4. Setelah itu pilih opsi Apply Update from SD Card dan cari file firmware yang sudah Anda simpan di memori eksternal.
  5. Lalu akan muncul notifikasi persetujuan installasi file, langsung saja geser dan pilih YES.
  6. Terakhir tinggal menunggu hingga prses flashing berjalan sampai 100% dan pilih tombol Reboot Now.
  7. Selesai.

Masalah Yang Sering Dialami Ketika Proses Flash Berjalan

Karena pada dasarnya proses flash ulang HP Android bukan hal yang mudah dilakukan, tentu saja akan banyak timbul masalah yang sering dialami oleh pengguna. Maka dari itu, dibawah ini saya sudah memberikan beberapa solusi ketika ada error yang muncul ketika proses flash ulang berlangsung.

  • Ponsel tidak terbaca (silahkan ulangi install USB driver) atau gunakan sofware driver installation terbaru EasyDriver.
  • Proses Flash tidak berjalan (pastikan untuk menggunakan kabel USB original / bawaan).
  • Firmware tidak terbaca (pastikan file type saat memilih file sudah pada opsi All).

Nah itulah artikel mengenai tutorial flash ulang HP ASUS X014D yang bisa Anda coba untuk memperbaiki kerusakan sistem. Jangan lupa berikan komentar jika masih ada pertanyaan yang belum Anda ketahui, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

8 pemikiran pada “Cara Flash ASUS X014D”

  1. Usb device not recognized itu kasus device belum terbaca om, coba install ulang USB driver versi terbaru.

    Balas

Tinggalkan komentar