Cara Flash Lenovo S650

Mengetahui cara flash ulang HP Lenovo seri S650 memang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang saat HP tersebut mengalami masalah berupa kerusakan sistem android, baik itu bootloop, matot (mati total) hingga kamera tidak berfungsi.

Lenovo S650 sendiri sebenarnya adalah salah satu HP android yang menawarkan spesifikasi cukup tinggi dikelas harga 1 jutaan. Dengan dibekali RAM sebesar 1GB, android versi kitkat dan prosessor MT6582, HP ini akan terasa sangat nyaman saat digunakan untuk membuka aplikasi secara bersamaan.

HP ini juga sudah mulai banyak dicari-cari oleh masyarakat Indonesia, selain menawarkan harga jual murah, setiap produk-produk elektronik yang dikeluarkan oleh pihak Lenovo juga tidak dapat diragukan lagi masalah keawetanya. Selain itu, hampir semua produk Lenovo akan memiliki garansi cukup lama yaitu sekitar 3-6 bulan.

Namun, saat ini banyak ditemukan kasus dimana para pengguna HP Lenovo S650 sering mengalami kerusakan, baik itu kerusakan software maupun hardware, dan kasus terbanyak di tahun 2020 adalah kerusakan yang terjadi pada bagian software (sistem android Kitkat), baik itu matot, bootloop hingga ngehang.

Oleh sebab itu, bagi Anda pengguna HP Lenovo tipe S650 khususnya yang memakai android versi KitKat, maka tidak perlu hawatir jika suatu saat nanti HP tersebut mengalami kerusakan software, karena Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan melakukan flash ulang dengan firmware bawaan resmi dari pihak Lenovo.

Meskipun terdapat banyak tutorial flash ulang Lenovo S650 yang bisa dicoba, namun agar lebih gampang, pada artikel kali ini saya sudah menyiapkan 2 metode khusus yang bisa Anda coba dengan bantuan PC ataupun tanpa PC menggunakan flash recovery via SD Card.

Cara Flash Lenovo S650 Via FlashTool

Tutorial Flash HP Lenovo S650 Yang Matot dan Bootloop

Tutorial pertama yang akan kita coba untuk melakukan flashing ulang pada HP Lenovo S650 adalah menggunakan bantuan aplikasi bernama SP FlashTool, dengan aplikasi ini, maka semua kerusakan software pada sistem android KitKat HP Lenovo bisa diatasi, contohnya mati total (matot), hang, bootloop dan lain sebagainya.

Akan tetapi sebelum mencoba cara ini, saya sarankan Anda untuk mendownload terlebih dahulu file-file yang akan digunakan, seperti file firmware Lenovo S650 official (tested), file flashtool dan USB driver. Jika belum silahkan download terlebih dahulu melalui link dibawah ini.

Bahan-bahan flash ulang (wajib download):

Cara Flashing HP Lenovo S650 via FlashTool:

  1. Langkah pertama silahkan buka program SP FlashTool yang sudah di install pada PC Laptop atau Komputer.
  2. Kemudian klik ikon gambar BOX lalu cari firmware yang sudah di download sebelumnya (file .RAW).
  3. Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB, pastikan posisi ponsel dalam keadaan FastBoot Mode.
  4. Selanjutnya akan muncul notifikasi saat device sudah terhubung dengan software FlashTool, untuk mulai melakukan flash ulang pada HP Lenovo S650, klik saja tombol Start.
  5. Lalu tunggu hingga proses flashing selesai sampai muncul notifikasi seperti (flash succesfully).
  6. Jika sudah muncul pesan Flash successfully, silahkan cabut ponsel dan coba hidupkan kembali.
  7. Selesai.

Cara Flash HP Lenovo S650 Tanpa PC Via SD Card

Selain terdapat cara flash dengan PC menggunakan FlashTool, ternyata ada juga cara flash ulang yang lebih mudah via SD Card, metode ini mirip seperti cara flash HP Lenovo A516 karena Anda hanya membutuhkan sebuah SD Card khusus yang sudah berisi file firmware HP Lenovo.

  1. Silahkan download terlebih dahulu stock ROM tested HP Lenovo S650.
  2. Kemudian ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi WinRAR atau 7Zip.
  3. Setelah itu taruh file hasil ekstrakan pada luar folder yang ada di SD Card.
  4. Jika sudah, silahkan Restart HP tersebut dan tunggu hingga proses flash berjalan hingga 100%.
  5. Selesai.

Demikianlah artikel mengenai cara flash ulang HP android Lenovo S650 tanpa PC atau dengan PC via aplikasi FlashTool dan SD card, jangan lupa berikan komentar jika masih ada langkah-langkah yang belum Anda pahami, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi di tutorial flash selanjutnya.

Tinggalkan komentar